Cara Berstrategi Dan Umpan Jos Berburu Ikan Sembilang

Ikan sembilang merupakan dari ( familia ) Plotosidae, yang merupakan jenis  ikan berkumis ( Siluriformes ) Ciri Khas yang jelas adalah, sirip punggung menyatu dengan ekor. Ada yang mengatakan seperti ikan Sidat dan ikan Belut Pisang karena postur tubuhnya yang panjang. Ikan Sembilang bisa mencapai ukuran panjang hingga 100 cm, dengan besar kira-kira sebetis orang dewasa.

Sebelum berburu ikan sembilang, alangkah baiknya kita memahami karakteristik ikan tersebut. kan Sembilang ini biasanya hidup di tepi laut atau di perairan muara, dimana ikan jenis ini biasanya hidup berkelompok saat mencari makan terutama pada saat musim hujan tiba. Lokasi ikan Sembilang yang paling disukai adalah di daaerah yang berlumpur. maka dari itu untuk mengincar ikan Sembilang carilah lokasi muara/muara sungai yang dasarnya berlumpur. 

Umpan ikan Sembilang ini biasanya menggunakan :
1. Udang mati.
    Udang mati memiliki aroma yang khas untuk menarik perhatian ikan, dimana udang mati merupakan umpan yang paling disukai para ikan. Bau yang mendekati busuk dari udang, adalah kesukaan ikan Sembilang.
2. Cacing laut.
    Cacing laut bisa temukan pantai ketika air laut sedang surut ataupun membeli. Cacing ini tidak jauh beda dengan udang mati, karena cacing ini juga merupakan makanan kesukaan ikan. Tapi biasanya umpan cacing, lebih dahulu disambar ikan lundu sebelum ikan Sembilang mendekat. 
3. Kepiting sawah/tambak.
    Kepiting jenis ini bisa anda dapatkan di area persawahan/tambak, untuk kepiting tambak biasa muncul mlm hari di pinggir sungai dekat muara. Kepiting ini bukan jenis kepiting konsumsi, beda dengan kepiting sawah tapi bentuknya hampir sama. Kepiting merupakan kesukaan ikan Sembilang, dari pengalaman saya hanya ikan sembilang yang menyantap umpan ini.

Untuk umpan kepiting, tidak perlu mengaitkan kepancing. Fungsi utama kepiting hanya menyebarkan aroma kepiting didalam air Agar ikan Sembilang mendekat. Keping dibelah tubuhnya kemudian diikat dengan batu, agar tidak hanyut saat terjadi rob. Setelah itu lemparkan kepiting ditengah sungai/muara. Untuk umpan yang dipasang dipancing lebih baik menggunakan udang mati/daging kepiting, kemudian lemparkan pancing disekitar kepiting yang di lempar tadi.

Semoga bermanfaat, terimakasih,,

Vidio Memancing

1 comments:

Thanks informasinya, http://tokoumpan.com


EmoticonEmoticon