Pengertian Zaman Praaksara ( Pra Sejarah )

Apakah kamu tahu arti zaman praaksara? Praaksara berasal dari kata pra yang berarti sebelum, dan aksara yang berarti huruf atau tulisan. Jadi, zaman praaksara adalah masa dimana kehidupan manusia belum mengenal tulisan. Sedangkan masa aksara adalah masa dimana kehidupan manusia sudah mengenal tulisan.

Sebelumnya sebutan zaman praaksara adalah zaman prasejarah, sedangkan zaman aksara adalah zaman sejarah. Sebutan sejarah dan prasejarah sering membingungkan, karena seakan-akan zaman sebelum mengenal tulisan bukanlah sejarah. Oleh karena itu, istilah praaksara lebih tepat untuk menamakan masa manusia sebelum mengenal tulisan.

Manusia yang hidup pada zaman praaksara  disebut manusia purba. Karena mereka tidak mengenal tulisan maka dari itu tidak ada peninggalan sejarah manusia purba dalam bentuk tulisan atau prasasti. Satu-satunya sumber untuk mengetahui kehidupan manusia purba hanya melalui peninggalan purbakala yang berupa fosil, alat-alat kehidupan, fosil tumbuh-tumbuhan maupun hewan-hewan yang hidup dan berkembang pada masa itu.

Semoga bermanfaat.,,,, Terimakasih.


EmoticonEmoticon